Sabtu, 31 Desember 2011

Seminar Nasional



Tanggal 27 Dsember jam 4 sorean ku trima sms yang bunyinya gini ;

HP nya jadul yah ... he.he.he. maklum ini adalah HP Pertama ku, udah banyak kenangan manis dan pahit yang telah menyertai HP ku ini, (g' bakalan di pensiunkan sebelum dia benar-benar hancur, Sesuatu banget soalnya )^_^ 

Seminar dari dikti ??? hmmmm ku pikir menarik, dulu waktu awal-awal kuliah si ku memang pernah ikuti acara Dikti di kopertis wilayah, sapa tau ajah masih ada hubungannya dengan itu (g’ terlalu yakin juga sih, cuman penasarannya jauh lebih besar aja).
Okey, aku contack juga si Drs Syamsu Rijal, MM. aneh sih, masak iya acara resmi gituh konfirmasinya melalui no HP langsung ke kadisik Sumbar pula, mank nggak ada apa pegawainya yang dtugasin untuk koordinirnya ?????.
“Hallo, Slamat sore” ku disambut oleh suara berat, yang menurut pendengaran ku pasti sudah bapak-bapak usia 50 tahunan gitu laaah,
“Slamat sore pak, gini saya nrima SMS dari BU Sri tata usaha Diknas, soal seminar gratis dari Dikti”
“Iyaa, ini saya bicara dengan siapa?”
“MULTI FATMA SARI pak”
“MULTI FATMA SARI yah, tunggu sebentar” (kira-kira 4 menitan laaah aku nungguin hingga suara si bapak kembali muncul di di telinga ku
“Iya, saudari tercatat sebagai peserta ke 200 untuk ikut bersama saya dalam seminar nasional Dikti di hotel Borobudur Jakarta selama 2 hari tanggal 6 dan 7 Januari 2012 mendatang, boleh saudari catat no pesertanya”. (dengan bego’nya ku pun ikutin aja kata si bapak nyatat-nyatat nomor yang disebutinnya)
200/SEMNAS/999/7175/DIKTI/2011
“Seminar Nasional Dikti?, hmmm maaf pak kalau boleh tau ini dalam rangka apa yah pak?”
“Dikti ingin meningkatkan mutu pendidikan tinggi, jadi seminar ini bertema Peningkatan Mutu Pendidikan dan kewira usahaan, untuk konfirmasi lebih lanjut silahkan saudari contack Kepala Dikti pusat Drs Supriyadi Rustam, berikan no peserta yang saya sebutkan tadi sekaligus no rekening untuk penyaluran biaya akomodasi saudari sebesar 10 juta rupiah selama seminar berlangsung ” (mulei yakin aku klu ini maaah nggak bener sama sekali, masak aku ikut seminar peningkatan mutu pendidikan, aku kan bukan mahasiswa lagi, juga bukan seorang guru, apa lagi dosen, aneh-aneh wae mah nih si bapak. Dapat duit 10 juta pula tuuuh … ckckckckckckck
“Hmmmm maaf pak, saya kan tidak ada hubungannya dengan dunia pendidikan kenapa Dikti malah milih saya untuk ikut seminar ini pak?, bukan kah lebih baik kalau mengikut sertakan dosen atau mungkin mahasiswanya langsung pak”.
“pesertanya diambil dari semua kalangan, nah saudari terpilih sebagai Alumni, bukankah saudari adalah Alumni dari Fakultas Psikologi UPI Padang?”
“Iya memang benar saya alumni situ, tapi saya sama sekali tidak bergerak dalam bidang pendidikan Bapak”
“mungkin lebih saya tegaskan lagi seminar ini akan membahas tentang peningkatan mutu pendidikan dan kewira usahaan, untuk bidang kewira usahaan bisa dari semua bidang ilmu, kalau saudari berminat untuk mengkuti seminar gratis dari dikti ini, silahkan saudari konfirmasi lagi ke Bapak Supriyadi Rustam, kalau tidak berminat, kami akan masukkan pesera cadangan” (Pulsa ku dah jalan lamaaa nih, duuuh duuuh geleng-geleng, dari pada buang-buang pulsa.
“baik pak saya akan hubungi Bapak itu, trima kasih pak”. Telpon ku tutup, Penipuan macam apa lagi ini. Koq aku sering banget yah dapat sms penipuan …… ampuuuuuuun, sebegitu parahnya bumi ku, kalau lah setiap orang yang berada di usia produktif mempunyai pekerjaan dan penghasilan, tak akan ada terjadi penipuan-penipuan seperti yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Happy New Year

31 Desember 2011 berarti ini Desember ke tiga berlalu tanpa makna, berlalu tanpa arti dan berlalu sendiri ^_^, hmmmm I wiss di Desember 2012 nanti tidak menjadi yang ke empatnya, cukup hanya 3 kali berlalu dengan sia-sia dan tak berarti sama sekali. Banyak hal-hal yang tak pernah terpikirkan sebelumnya terpaksa ku lalui dalam 3 tahun terakhir ini. Dan banyak hal-hal yang tak pernah kuharapkan juga terjadi dalam 3 tahun terakhir ini. Kalau boleh meminta ku sangat menginginkan situasi yang berbeda di tahun 2012 nanti ……..



Kamis, 29 Desember 2011

Makna Lain Dari Memonyongkan Mulut ......

Sering kali dalam interaksi sehari kita melihat orang sedang memonyongkan bibir dengan sengaja atau mungkin tanpa disadarinya. Dengan cara meruncingkan bibir dan memajukannya kedepan diluar kondisi sebenarnya (bukan termasuk bagi sebagian orang yang notabenenya udah aslinya begitu lho). Dalam ilmu pernyataan psikologi kondisi memonyongkan bibir kedepan itu mempunyai beberapa makna diantaranya :
  • Secara primer mencicipi zat cair, dengan mulut yang monyong zat cair digerakkan kian kemari dalam mulut agar mengenai sebanyak mungkin saraf pengecap. 
  • Secara primer waktu menikmati perment misalnya, untuk sekunder bisa berarti terjadi pada orang yang sedang membayangkan makanan enak dan nikmat. 
  • Pada saat memperhatikan sesuatu dengan kritis, misalnya seorang wanita yang sedang memperhatikan penampilannya di depan cermin, (ini cuman salah satu contohnya) 
  • Sebagi bentuk protes dan penolakkan terhdap sesuatu hal. Misalnya dapat terjadi pada orang-orang yang protes, menggerutu atau sedang dongkol, mungkin bisa juga terjadi pada wanita yang sedang ngambek. 
  • Sebagai tanda sulit, susah disertai suara …. ooohhhh/ Huuuffftttt 
  • Makna mimik mata yang menyertai mulut monyong pun bermacam-macam misalnya : untuk orang yang sedang protes disertai dengan mata besar, kagum disertai dengan pandangan mata kosong dan tak berdaya, sedangkan pada saat mencicipi terlihat mata yang konsentrasi, untuk kondisi sedang menikmati maka penglihatan seolah-olah mengabur.


picture here

Selasa, 13 Desember 2011

Makna dan Kesan dari Tertawa

Tertawa adalah ekspresi rasa gembira, geli, senang. Yang terjadi akibat pengeluaran udara secara ritmis melalui mulut. Nah setiap pengeluaran vokal dari tertawa itu akan memberikan kesan yang berbeda dari pengamatnya.

·   Tertawa dengan vokal o (ho - ho – ho – ho)
Kondisi yang menghasilkan tertawa ho - ho – ho – ho maka pelaku harus memonyongkan mulut. Berdasarkan ilmu pernyataan secara psikologis tertawa dengan vokal o mengandung makna seolah – olah merendahkan atau menghina orang lain. Jadi hati-hati jangan biasakan tertawa dengan vokal o (ho - ho – ho – ho) nanti tanpa disadari dapat membuat orang lain tersinggung
·   Tertawa dengan vokal i (hi – hi - hi – hi)
Huruf i bunyinya tidak akan keluar bebas dari mulut, masih ada dalam mulut. Karna terjadi dibagian atas muka langit-langit jadi suara itu akan terkurung dalam mulut sehingga kesan tertawa dalam diri atau untuk diri sendiri. Jadi tetawa dengan vokal i akan bermakna tertawa untuk diri sendiri seperti tertawa karna punya rahasia yang tak diketahui oleh orang lain.
·   Tertawa dengan vokal e ( he – he – he – he)
Sama halnya dengan huruf i, huruf e bunyinya juga terjadi dalam mulut. Namun karna suara       he – he – he – he yang tidak ditunjukkan pada dunia luar, terdengar kesan yang tidak simpatik, tak menyenangkan, merusak kegembiraan, ada kesan menghina dan merendahkan.


·   Tertawa dengan vokal a (ha – ha – ha – ha)
Vokal a akan terjadi dengan mulut yang terbuka lebar sehingga ada gerakan keluar bebas. Tertawa macam ini memberikan kesan terbuka, bebas, berani, dan menjadi satu dengan lingkungan. Tertawan dengan vokal a adalah tertawa yang sehat dan karna kesan terbukanya akan sangat menghargai orang lain.
·   Terakhir adalah tertawa tipe piknis
Orang tipe piknis yang penuh humor akan tertawa dengan seluruh tubuhnya. Orang ini akan tertawa dengan menggerakkan seluruh tubuhnya dalam satu irama. Tertawa bahagia yang berirama seperti gerakan seluruh tubuhnya. (tertawa seperti ini akan menghemat waktu karna sekaligus sebagai pengganti olahraga)




 
 







Minggu, 11 Desember 2011

My sweety

Kali ini cuman postingan iseng. kebetulan lagi pilah pilih foto buat di print. he.he.he.he.he

  • Chi Naura yang slalu cantik

     
  • Chiiffa dengan mata yang amat indah

  


Minggu, 13 November 2011

Game Online




Teknologi sangat penting dan juga menyenangkan itu kalau menurut saya. Internet, game online, jejaring social. Cuman terkadang tidak semua yang berefek baik. Game online misalnya, merupakan sarana penghibur yang sangat dan mungkin amat sangat menarik bagi pencintanya. Selain melatih kecekatan tangan, kreatifitas, cara kerja otak khususnya untuk taktik pada game First Person Shooting (FPS), hmm mungkin itu hanya segelintir manfaat dari sekian banyak efek buruk yang ditimbulkan. Seperti halnya moral anak-anak, memang sih tidak semua game online yang memberikan fasilitas interaksi leluasa bagi pemainnya. Namun ada juga game online yang menyediakan interaksi avatar yang nota benenya hanya dilakukan oleh orang dewasa, ada satu game online yang aku sih masih newbie tapi sangat jelas bisa mempengaruhi anak-anak dibawah umur yang belom bisa memfilter informasi yang dia dapat. Mana yang baik dan mana yang merusak. Walaupun dalam game online tersebut dipisahkan antara child dan adult. Tapai umur kan bisa di bohongin. Anak yang berumur 9 atau 11 tahun bisa saja mengisikan form register dengan kelahiran 1990, berarti dia terdaftar sudah berumur 21 tahun . Yaaaa udah dewasalah dan bisa masuk kategori adult (+18). Nah lo berarti sia anak bisa dunk memainkan interaksi-interaksi orang dewasa (hmmm banyak sih interaksinya g’ bisa disebuttin satu2). Kalau sianak sudah terbiasa mempraktekkan hal-hal yang dalam tanda kutip dengan menggunakan avatarnya masing. Bagaimana tidak kalau seandainya ada keinginan untuk mempraktekkan secara real …  duh duh duh duh. Gimana g’ cepet gede anak-anak jaman sekarang dari pada umurnya masing-masing. ^_^

beberapa avatar yang aku miliki dari  game-game online yang pernah aku mainkan, ini hanya  beberapa yang sempat ku ambil gambarnya... walaupun aku penyuka game online tapi tidak sampai menggila ^_^ 


     
  



GANGGUAN SEKSUAL

  1. PARAFILIA
Parafilia berasal dari kata "para" yang berarti penyimpangan pada apa yang membuat orang tertarik ("philia") mengacu pada sekelompok gangguan yang melibatkan ketertarikan seksual terhadap obyek yang tidak biasa atau aktivitas seksual terhadap obyek yang tidak biasa atau aktivitas seksual yang tidak biasa.
  • Fetishim yaitu ketergantungan seseorng pada obyek yang tidak hidup untuk memperoleh rangsangan seksual. misalnya pakaian perempuan,
  • Transvetic Fetishism yaitu gangguan saat seseorang laki-laki terangsang secara seksual dengan menggunakan pakaian atau apapun perlengkapan perempuan lainnya. meskipun dia menyadari bahwa dia sebagai laki-laki.
  • pedofilia yaitu orang dewasa yang memperoleh kepuasan seksual melalui kontak fisik dan seksual dengan anak-anak prapubertas yang tidak berhubungan dengannya.
  • Inses yaitu adanya hubungan seksual antara keluarga dekat, yang pernikahan tidak diperbolehkan antara mereka. misalnya antara kakak dan adik atau bahkan ayah dan anak perempuannya.
  • Voyeuism adalah gangguan seksual dimana seseorang akan memperoleh kepuasan seksual dengan melihat orang lain dalam keadaan tanpa busana atau sedang melakukan hubungan seksual.
  • Eksibisionisme merupakan gangguan jelas dan berulang-ulang untuk memperoleh kepuasan seksual dengan mempertunjukkan alat kelaminnya pada orang lain yang tidak menghendakinya, terkadang pada anak-anak. biasanya seseorang yang mempunyai keinginan untuk mengagetkan atau mempermalukan orang yang melihatnya
  • Frotteurism yaitu orientasi seksual dengan menyentuh orang yang tidak disangka-sangka. misalnya menggosokkan alat kelaminnya pada paha atau tangan perempuan. atau memegang payudara atau alat kelamin seorang perempuan. biasanya terjadi di daerah atau tempat dimana pelaku dapat melarikan diri
  • Sadisme dan masokisme seksual. sadisme adalah kegemaran untuk memperoleh atau meningkatkan kepuasan seksual dengan menimbulkan kesakitan atau penderitaan psikologis (misalnya mempermalukan) pada orang lain. sedangkan masokisme adalah kegemaran seseorang untuk memperoleh atau meningkatkan kepuasan seksual dengan menjadikan dirinya sebagai sukyek untuk disakiti atau dipermalukan.




Senin, 07 November 2011

CARA MENDEKATI ORANG ATAU ATASAN YANG SELALU SIBUK

Setiap karyawan yang memiliki ide-ide keratif akan menjadi sia-sia apabila dia tidak mempunyai kesempatan atau tidak ada yang bisa mendengarkan ide-ide keratif tersebut. Alangkah tertekan dan frustasinya bila harus menghadapi situasi seperti itu. Nah berikut ini ada beberapa prinsip berdasarkan psikologi modern untuk bisa atau dapat menemui, menghubungi dan mendekati seorang atasan yang selalu sibuk :
1.     Dekati dan bekerjalah dengan sekretaris atasan.
Ini bukan berarti untuk mengatakan “Peliharalah sekretaris atsan”. Maksudnya disini adalah perlakukan dia sebagai seorang professional. Anggap bahwa ia mengerti akan atasannya, bekerja bersama dia sekaligus untuk mengetahui apa yang sednag terjadi. Ingat jangan kemukakan semua ide anda kepada sekretaris atasan anda, tapi jangan berusaha untuk menyembunyikan seluruhnya. Diskusikan situasi itu dengan dia secara terbuka. Bekerjalah bersama dia untuk mencari cara etrbaik yang memungkinkan anda dan atasan anda dapat emlakukan suatu diskusi berguna
2.    Persiapkanlah pendapat-pendapat anda secara tertulis.
Untuk mengemukakan ide–ide anda agar tidak menjadi ide yang kabur dan kemudian segera hilang dari pikiran atasan anda, Maka persiapkan dalam bentuk tulisan ringkas yang memfokuskan bagian dan tujuan yang positif.
3.    Buatlah kejutan terhadap atasan anda dengan kedatangan anda membawa pemecahan, bukan masalah. Misalnya berupalaternatif-alternatif penyeleseian sudah anda persiapkan dengan baik. Ini merupakan pintu erbuka untuk anda dimasa datangnya.
4.    Jangan buat suatu pidato melainkan lakukanlah suatu dialog.
Mungkin akan sangat melegakan bagi seorang karyawan dapat atau pada akhirnya bias memenui atasannya yg sibuk secara langsung, sehingga dia mengmukakan seluruh ide dan isi pikirannya secara panjang lebar sehingga membentuk sebuah pidato yang membosankan, hindarilah kondisi seperti itu. Ajukkanlah pertanyaan-pertanyaan dan bangkitkan pertanyaan dan komentar. Lakukan segala sesuatu yang dapat anda lakukan untuk membuat pertemuan itu menjadi suatu pembicaraan yang santai dan timbale balik.
5.    Perolehlan apa yang menjadi maksud kedatangan anda itu, dan keluarkanlah dengan jawaban dan tindakan kongkret.
Tentunya sebelum mengemukakan ide-ide tersebut anda sudah mengerti dan memahami terlebih dahulu, sehingga yang anda butuhkan dari atasan hanyalah persetujuan, maka apabila telah memperoleh persetujuan jangan diamkan terlalu lama. Mulailah mengerjakan rencana itu sesegeramungkin
6.    Perkuatlah persetujuan yang telah dicapai dengan bukti tertulis.
Seringkali atasan mempunyai pengalaman tidak enak karena berpikir bahwa dia sudah menyetujui sesuatu hal, tapi kemudian ternyata bawahannya menafsirkan pembicaraan persetujuan itu berlainan sama sekali. Dan tidak ada tindakan atau usaha lanjutan dari persetujuan itu. Maka buatlah kesimpulan secara tertulis mengenai pertemuan adna dengan atasan.  Dan pastikan bahwa atasan adna setuju dengna kesimpulan tertulis tersebut, barangkali melalui sekretarisnya bahawa dia sudah melihatnya, mengerti dan menyetujuinya.

picuture from here

Semoga bermanfaat buat yang membacanya ^_^

Sumber: Psikologi Manajemen, Mortimer R. Feinberg 1996



Sabtu, 05 November 2011

Me Vs Shaun The Sheep

Filem animasi shaun the sheep yang tayang tiap sore disalah satu stasiun tv swasta  yang berasal dari negri Prince Harry. Shaun the sheep menceritakan tentang “shaun”, seekor domba cerdik, lucu, kreatif dan sering bertingka konyol dan bersahabat dengan seekor anjing. Cukup unik sih, shaun the sheep bergenre kombinasi slaptik dan classic silent comedy. Walaupun tidak ada percakapan yang berarti dalam ceritanya cukup bahkan mungkin sangat mampu untuk membuat penonton tertawa salah satunya ratu kecil ku. Yang akan marah besar bila chanel filem kesayangannya itu diganti. Alhasil ku harus rela ikutan nonton walaupun sebenarnyaa sangat gondok dan juga ingin melihat siaran-siaran tv lainnya. 

 

     

Tidak hanya berhenti disitu kekuatan shaun the sheep mampu menghipnotis ratu kecil ku. Bahkan saat aku lagi seru-serunya bermain bersama computer cantikku malah harus pasrah untuuk googling mencari gambar-gambar lucu dari segerombolan domba-domba putih yang sudah menghalangi ku setiap sore untuk menikmati televisi. Duh..duh..duh cukup daah ku acungin jempol untuk pencetus ide dari Si shaun the sheep

 

 simanis My little queen


Jumat, 04 November 2011

Cara Pasang Status YM di Blog

Pasang status Yahoo Mesengger di blog adalah untuk memudahkan komunikasi antara pengunjung dengan si pemilik Blog. Nah bagi yang belum tau tentang cara memasukkan status YM ke dalam blog nya, ada beberapa langkah yang harus di lakukan.
selengkapnya

About Wedding

Berbicara soal pernikahan, siapa yang tidak ingin menikah di usia dewasanya, sunnah Rasull yang sebagai umat Islam harus dan mungkin mesti untuk menikah. Membangun sebuah keluarga yang Sakinnah Mawardhah dan Warahhmah. Suatu hubungan interpersonal dengan pasangan yang memang sudah ditentukkan oleh Allah Swt. Mendapatkan seorang pasangan hati yang dicintai dan juga mencintai kita apa adanya, memiliki hubungan yang harmonis dan kenyamaan saat bersama adalah keinginan setiap manusia dewasa


picture from here

Tapi sesimple itukah sebuah pernikahan, apakah hanya menyatukkan 2 individu yang berlawan jenis antara pria dan wanitanya ?. bagaimana dengan keluarga khususnya orang tua. Bagaimana tingkat kepentingan pihak ini untuk kelangsungan sebuah pernikahan?
Dalam sebuah pernikahan yang sewajarnya tidak hanya menyatukkan dua individu namun juga melibatkkan kedua keluarga bahakan yang terpenting adalah orangtua masing-masing pihak. Bagaimana dengan salah satu dari pasangan itu tidak mendapatkan izin bahkan restu dari ornagtua akan pilihan pasangan hidup mereka itu atau mungkin malah keduanya, woowww inilah yang paling sengsara he.he.he.he.he
 Pertanyaannya : Apakah sanggup dan berani untuk masuk kedalam sebuah keluarga yang sama sekali tidak mengingkan keberadaannya ?
Banyak yang menjawab : Siapa takut. Toh yang akan menjadi suami atau istrinya menyayangi dan menginginkan dia. Namun ada juga bberapa diantaranya yang bilang: Ogah aaah. Mending juga cari yang lain. Tapi tak sedikit juga yang masak bodoh dengan semua ituh. Dan malah menjauhi sama sekali keluarga pasangannya yang tidak menginginkan dia itu.
Tapi sungguh aku tak pernah tau jawaban apa yang lebih baik dan lebih benar untuk di lontarkan. Tapi bukankah lebih baik berusaha dulu untuk mendekatkan diri dan mencari suatu hal yang menjadi penyebab dari ketidak sukaan orang tua dan keluarga akan pasangan kita baik itu atau bahkan sebaliknya. Memperbaiki diri atau mungkin juga merobah pencitraan orang terhadap diri karna batas antara suka dan benci itu tidak terlalu tebal.
Namun bila kondisi itu berada di pihak saya sih lebih memilih untuk tidak memaksakkan diri untuk menghancurkkan hati dan cinta orang tua hanya untuk mempertahankan satu hati dan cinta yg lain.

Senin, 28 Maret 2011

Terapi untuk Insomnia dengan mendengarkan musik

Banyak terapi yang bisa mnyembuhkan gangguan sullit tidur atau Insomnia, salah  satu solusi yang paling sederhana dan juga menyenangkan yaitu dengan mendengarkan musik sebelum tidur. Karena dengan menikmati musik  otak anda bisa lebih rileks dan memungkin anda untuk dapat menghadapi malam dengan tanpa tertidur.

  1. Pilih musik kesukaan anda yang santai 
  2. Atur volume ke tingkat yang nyaman dan rileks.
  3. Anda dapat menikmati musik baik duduk atau berbaring di tempat tidur. Cobalah untuk rileks sambil mendengarkan dan menikmati alunan musik. Ingat jangan khawatir kalau-kalau anda tertidur saat mendengarkan musik
  4. Setelah sekitar 30 menit matikan lampu dan mulailah untuk tidur

Pada langkah peratama dapat dikembangkan ,yang dimaksut dalah mengganti musik klasik dengan selera masing-masing, karena yang terpenting adalah musik yang di dengarkan dapat merangsang otak dan dapat memicu suatu sinyal yang menghubungkan pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar.sehingga membuat kita tertidur ataupun menjadi ngantuk.





Sabtu, 26 Maret 2011

Strategi Tidur Yang Baik


Strategi tidur yang baik penting bagi orang yang ingin mendaptakan tidur yang berkualitas agar bangun dengan perasaan segar di pagi harinya. tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas itu dan sangat menginginkannya. untuk mewujudkannya anda perlu menjalankan beberapa srategi,

 picture from here

Nah disini saya akan menyajikan beberpa strategi dari Mass (1998) agar bisa mendapatkan tidur yang baik 
  • Mengurangi stress
Kualitas tidur seseorang di malam hari sangat di pengaruhi oleh apa yang laluinya di siang harinya. otak yang di penuhi oleh pikiran-pikiran dan masalah-masalah yang belum terselesaikan akan mengakibatkan seseorang sulit untuk tidur, terbangu di tengah malam sulit untuk tidur kembali dan juga bangun terlalu pagi. ini adalah salah satu gejala dari insomnia. untuk itu ada beberapa cara untuk mengurangi tingkat kecemasan dan setress. seperti mencari cara-cara yang akan di lakukan untuk menyelesaikan masalah atau menenenangkan pikiran dengan cara menuliskannya keatas kertas. dengan cara ini permasalahan yang dihadapi sedikit berpindah ke kertas tersebut.
  • Olah raga
Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru disamping dapat mengurangi stress, kecemasan dan juga insomnia. Olahraga yang fektif adalah : jogging, berenang, basket, dan juga olahraga aerobik. namun hindari melakukan aktifitas olahraga yang berat 3 jam sebelum waktu tidur anda
  •  Membuat pikiran selalu tertantang setiap hari
 kebosanan dapat menghilangkan tidur dari seseorang, orang yang beraktifitas akan mendapati kualitas tidur yang baik. lakukanlah kegiatan-kegiatan yang membuat anda menjalani hidup dengan semangat untuk mendapatakan peluang-peluang bagus dalam hidup anda. karna kondisi yang monoton, depresi dan jauh dari sosialisasi keluarga, teman terlibat aktif dalam kegiatan sehari dapat mengurangi tingkat stress dan kecemasan. adalah orang yang mendapatkan kualitas tidur yang baik
  • Berhenti merokok
Berdasarkan penelitian orang yang perokok akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memulai tidur dan  lebih sering terbangun di malam harinya. Nah jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik cobalah untuk memulai hidup yang lebih baik dengan menghilangkan Nikotin dari tubuh anda.
  • Mengurangi Kafein
Kafein merupakan stimulan yang dapat menganggu tidur. Konsumsi kafein sebanyak 100 sampai 400 mg dapat menimbulkan perubahan yang signifikan berdasarkan pengukuran tidur dengan PSG (polysomnografi) berupa meningkatnya latensi tidur, menurunnya total waktu tidur, sering terbangun di malam hari
  • Menjauhi alkohol menjelang tidur
Mengkonsumsi alkohol memang dapat membantu memulai tidur, namun tidur yang terjadi justru akan terganggu pada tidur yang lelap dan menyegarkan, bermimpi dan akan tertekan sehingga penderita akan mengalami bangun terlalu pagi. Menurut beberapa penelitian Penggunaan alkohol menjelang waktu tidur dapat menurunkan
latensi tidur dan meningkatkan keterjagaan selama periode tidur (Roehrs & Roth, 1997; dalam Morin & Lichstein, 2000). 
  • Mandi dengan air hangat sebelum tidur.
Berendam dengan air hangat (kurang lebih 37,5ÂșC) dapat merilekskan tubuh anda karna aktifitas tersebut akan mengirim dara dari otak kepermungkaan kulit sehinga akan mengakibat individu merasa rileks dan mengantuk, suhu tubuh yang dinaikan oleh air hangat akan diturunkan secara drastis setelah berada dalam kamar yang cukup sejuk hal ini akan mengundang kantuk, tidur nyenyak atau tidur delta.


Sabtu, 19 Maret 2011

Stress dan Sumbernya

Stress adalah tanggapan yang menyeluruh dari tubuh terhadap setiap tuntutan yang datang di atasnya. 

Gejala-gejala terkena stress
manusia merupakan kesatuan antara jiwa dan badan, roh dan tubuh, spritual dan material. Karena itu, bila terkena stress segala segi dari kita terkena,  (Agus M, 1994)
picture from here
Gejala fiskal
  • sakit kepal, pusing, pening
  • tidur tidak teratur: insomnia (susah tidur, tidur terlantur, bangun terlalu awal)
  • sakit punggung terutama bagian bawah
  • mencret-mencret dan radang usus besar
  • sulit buang air besar
  • gatal-gatal pada kulit
  • urat tegang-tegang terutama pada leher dan bahu
  • terganggu pencernaanya 
  • tekanan darah tinggi atau serangan jantung
  • berkeringat
  • berubah selera makan
  • lelah dan kehilangan daya energi 
  • bertambah banyak melakukan kekeliruanatau kesalahan dalam bekerja dan hidup
Gejala Emosional
  • gelisah atau cemas
  • sedih depresi dan mudah menangis
  • mood berubah-ubah
  • mudah marah
  • gugup
  • rasa harga diri yang menuurn dan rasa tidak aman
  • terlau peka dan mudah tersinggung
  • marah-marah
  • gampang menyerah
  • emosi mengering kehabisan sumber daya mental
Gejala Intelektual
  • susah berkosentrasi dan memusatkan pikiran
  • sulit membuat keputusan
  • musag terlupa
  • pikiran kacau
  • daya ingat menurun
  • melamun secara berlebihan
  • pikiran dipenuhi oleh satu pikiran saja
  • kehiangan rasa humor yang sehat
  • produktivitas menurun
  • mutu kerja rendah
  • dalam bekerja bertambah juga kekeliruan
Gejala Interpersonal
  • kehiangan kepercayaan kepada orang lain 
  • mudah mempersalahkan orang lain
  • mudah membatalkan janji atau tida memenuhinya
  • suka mencari-cari kesalahan orang lain atau menyerang orang lain dengan kata-kata
  • terlau membentengi atau mempertahankan diri
  • mendiaman orang lain
Sumber Stress

Setiap orang bisa terkena stress, lama waktu serta intensitas keseringannya yang berbeda. Ada orang yang jarang sekali terkena stress dan juga ada orang yang sangat brentan sekai dengan stress. sumber-sumber stres itu dapat dapatang dari mana saja. diantaranya 
  • Sumber stress dari diri sendiri
  • Sumber stress dari keluarga
  • Sumber stress dalam lingkungan kerja

picture from here

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...