Senin, 28 Maret 2011

Terapi untuk Insomnia dengan mendengarkan musik

Banyak terapi yang bisa mnyembuhkan gangguan sullit tidur atau Insomnia, salah  satu solusi yang paling sederhana dan juga menyenangkan yaitu dengan mendengarkan musik sebelum tidur. Karena dengan menikmati musik  otak anda bisa lebih rileks dan memungkin anda untuk dapat menghadapi malam dengan tanpa tertidur.

  1. Pilih musik kesukaan anda yang santai 
  2. Atur volume ke tingkat yang nyaman dan rileks.
  3. Anda dapat menikmati musik baik duduk atau berbaring di tempat tidur. Cobalah untuk rileks sambil mendengarkan dan menikmati alunan musik. Ingat jangan khawatir kalau-kalau anda tertidur saat mendengarkan musik
  4. Setelah sekitar 30 menit matikan lampu dan mulailah untuk tidur

Pada langkah peratama dapat dikembangkan ,yang dimaksut dalah mengganti musik klasik dengan selera masing-masing, karena yang terpenting adalah musik yang di dengarkan dapat merangsang otak dan dapat memicu suatu sinyal yang menghubungkan pikiran sadar dengan pikiran bawah sadar.sehingga membuat kita tertidur ataupun menjadi ngantuk.





Sabtu, 26 Maret 2011

Strategi Tidur Yang Baik


Strategi tidur yang baik penting bagi orang yang ingin mendaptakan tidur yang berkualitas agar bangun dengan perasaan segar di pagi harinya. tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas itu dan sangat menginginkannya. untuk mewujudkannya anda perlu menjalankan beberapa srategi,

 picture from here

Nah disini saya akan menyajikan beberpa strategi dari Mass (1998) agar bisa mendapatkan tidur yang baik 
  • Mengurangi stress
Kualitas tidur seseorang di malam hari sangat di pengaruhi oleh apa yang laluinya di siang harinya. otak yang di penuhi oleh pikiran-pikiran dan masalah-masalah yang belum terselesaikan akan mengakibatkan seseorang sulit untuk tidur, terbangu di tengah malam sulit untuk tidur kembali dan juga bangun terlalu pagi. ini adalah salah satu gejala dari insomnia. untuk itu ada beberapa cara untuk mengurangi tingkat kecemasan dan setress. seperti mencari cara-cara yang akan di lakukan untuk menyelesaikan masalah atau menenenangkan pikiran dengan cara menuliskannya keatas kertas. dengan cara ini permasalahan yang dihadapi sedikit berpindah ke kertas tersebut.
  • Olah raga
Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru disamping dapat mengurangi stress, kecemasan dan juga insomnia. Olahraga yang fektif adalah : jogging, berenang, basket, dan juga olahraga aerobik. namun hindari melakukan aktifitas olahraga yang berat 3 jam sebelum waktu tidur anda
  •  Membuat pikiran selalu tertantang setiap hari
 kebosanan dapat menghilangkan tidur dari seseorang, orang yang beraktifitas akan mendapati kualitas tidur yang baik. lakukanlah kegiatan-kegiatan yang membuat anda menjalani hidup dengan semangat untuk mendapatakan peluang-peluang bagus dalam hidup anda. karna kondisi yang monoton, depresi dan jauh dari sosialisasi keluarga, teman terlibat aktif dalam kegiatan sehari dapat mengurangi tingkat stress dan kecemasan. adalah orang yang mendapatkan kualitas tidur yang baik
  • Berhenti merokok
Berdasarkan penelitian orang yang perokok akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memulai tidur dan  lebih sering terbangun di malam harinya. Nah jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik cobalah untuk memulai hidup yang lebih baik dengan menghilangkan Nikotin dari tubuh anda.
  • Mengurangi Kafein
Kafein merupakan stimulan yang dapat menganggu tidur. Konsumsi kafein sebanyak 100 sampai 400 mg dapat menimbulkan perubahan yang signifikan berdasarkan pengukuran tidur dengan PSG (polysomnografi) berupa meningkatnya latensi tidur, menurunnya total waktu tidur, sering terbangun di malam hari
  • Menjauhi alkohol menjelang tidur
Mengkonsumsi alkohol memang dapat membantu memulai tidur, namun tidur yang terjadi justru akan terganggu pada tidur yang lelap dan menyegarkan, bermimpi dan akan tertekan sehingga penderita akan mengalami bangun terlalu pagi. Menurut beberapa penelitian Penggunaan alkohol menjelang waktu tidur dapat menurunkan
latensi tidur dan meningkatkan keterjagaan selama periode tidur (Roehrs & Roth, 1997; dalam Morin & Lichstein, 2000). 
  • Mandi dengan air hangat sebelum tidur.
Berendam dengan air hangat (kurang lebih 37,5ÂșC) dapat merilekskan tubuh anda karna aktifitas tersebut akan mengirim dara dari otak kepermungkaan kulit sehinga akan mengakibat individu merasa rileks dan mengantuk, suhu tubuh yang dinaikan oleh air hangat akan diturunkan secara drastis setelah berada dalam kamar yang cukup sejuk hal ini akan mengundang kantuk, tidur nyenyak atau tidur delta.


Sabtu, 19 Maret 2011

Stress dan Sumbernya

Stress adalah tanggapan yang menyeluruh dari tubuh terhadap setiap tuntutan yang datang di atasnya. 

Gejala-gejala terkena stress
manusia merupakan kesatuan antara jiwa dan badan, roh dan tubuh, spritual dan material. Karena itu, bila terkena stress segala segi dari kita terkena,  (Agus M, 1994)
picture from here
Gejala fiskal
  • sakit kepal, pusing, pening
  • tidur tidak teratur: insomnia (susah tidur, tidur terlantur, bangun terlalu awal)
  • sakit punggung terutama bagian bawah
  • mencret-mencret dan radang usus besar
  • sulit buang air besar
  • gatal-gatal pada kulit
  • urat tegang-tegang terutama pada leher dan bahu
  • terganggu pencernaanya 
  • tekanan darah tinggi atau serangan jantung
  • berkeringat
  • berubah selera makan
  • lelah dan kehilangan daya energi 
  • bertambah banyak melakukan kekeliruanatau kesalahan dalam bekerja dan hidup
Gejala Emosional
  • gelisah atau cemas
  • sedih depresi dan mudah menangis
  • mood berubah-ubah
  • mudah marah
  • gugup
  • rasa harga diri yang menuurn dan rasa tidak aman
  • terlau peka dan mudah tersinggung
  • marah-marah
  • gampang menyerah
  • emosi mengering kehabisan sumber daya mental
Gejala Intelektual
  • susah berkosentrasi dan memusatkan pikiran
  • sulit membuat keputusan
  • musag terlupa
  • pikiran kacau
  • daya ingat menurun
  • melamun secara berlebihan
  • pikiran dipenuhi oleh satu pikiran saja
  • kehiangan rasa humor yang sehat
  • produktivitas menurun
  • mutu kerja rendah
  • dalam bekerja bertambah juga kekeliruan
Gejala Interpersonal
  • kehiangan kepercayaan kepada orang lain 
  • mudah mempersalahkan orang lain
  • mudah membatalkan janji atau tida memenuhinya
  • suka mencari-cari kesalahan orang lain atau menyerang orang lain dengan kata-kata
  • terlau membentengi atau mempertahankan diri
  • mendiaman orang lain
Sumber Stress

Setiap orang bisa terkena stress, lama waktu serta intensitas keseringannya yang berbeda. Ada orang yang jarang sekali terkena stress dan juga ada orang yang sangat brentan sekai dengan stress. sumber-sumber stres itu dapat dapatang dari mana saja. diantaranya 
  • Sumber stress dari diri sendiri
  • Sumber stress dari keluarga
  • Sumber stress dalam lingkungan kerja

picture from here

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...