Sabtu, 26 Maret 2011

Strategi Tidur Yang Baik


Strategi tidur yang baik penting bagi orang yang ingin mendaptakan tidur yang berkualitas agar bangun dengan perasaan segar di pagi harinya. tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas itu dan sangat menginginkannya. untuk mewujudkannya anda perlu menjalankan beberapa srategi,

 picture from here

Nah disini saya akan menyajikan beberpa strategi dari Mass (1998) agar bisa mendapatkan tidur yang baik 
  • Mengurangi stress
Kualitas tidur seseorang di malam hari sangat di pengaruhi oleh apa yang laluinya di siang harinya. otak yang di penuhi oleh pikiran-pikiran dan masalah-masalah yang belum terselesaikan akan mengakibatkan seseorang sulit untuk tidur, terbangu di tengah malam sulit untuk tidur kembali dan juga bangun terlalu pagi. ini adalah salah satu gejala dari insomnia. untuk itu ada beberapa cara untuk mengurangi tingkat kecemasan dan setress. seperti mencari cara-cara yang akan di lakukan untuk menyelesaikan masalah atau menenenangkan pikiran dengan cara menuliskannya keatas kertas. dengan cara ini permasalahan yang dihadapi sedikit berpindah ke kertas tersebut.
  • Olah raga
Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru disamping dapat mengurangi stress, kecemasan dan juga insomnia. Olahraga yang fektif adalah : jogging, berenang, basket, dan juga olahraga aerobik. namun hindari melakukan aktifitas olahraga yang berat 3 jam sebelum waktu tidur anda
  •  Membuat pikiran selalu tertantang setiap hari
 kebosanan dapat menghilangkan tidur dari seseorang, orang yang beraktifitas akan mendapati kualitas tidur yang baik. lakukanlah kegiatan-kegiatan yang membuat anda menjalani hidup dengan semangat untuk mendapatakan peluang-peluang bagus dalam hidup anda. karna kondisi yang monoton, depresi dan jauh dari sosialisasi keluarga, teman terlibat aktif dalam kegiatan sehari dapat mengurangi tingkat stress dan kecemasan. adalah orang yang mendapatkan kualitas tidur yang baik
  • Berhenti merokok
Berdasarkan penelitian orang yang perokok akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memulai tidur dan  lebih sering terbangun di malam harinya. Nah jika anda ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik cobalah untuk memulai hidup yang lebih baik dengan menghilangkan Nikotin dari tubuh anda.
  • Mengurangi Kafein
Kafein merupakan stimulan yang dapat menganggu tidur. Konsumsi kafein sebanyak 100 sampai 400 mg dapat menimbulkan perubahan yang signifikan berdasarkan pengukuran tidur dengan PSG (polysomnografi) berupa meningkatnya latensi tidur, menurunnya total waktu tidur, sering terbangun di malam hari
  • Menjauhi alkohol menjelang tidur
Mengkonsumsi alkohol memang dapat membantu memulai tidur, namun tidur yang terjadi justru akan terganggu pada tidur yang lelap dan menyegarkan, bermimpi dan akan tertekan sehingga penderita akan mengalami bangun terlalu pagi. Menurut beberapa penelitian Penggunaan alkohol menjelang waktu tidur dapat menurunkan
latensi tidur dan meningkatkan keterjagaan selama periode tidur (Roehrs & Roth, 1997; dalam Morin & Lichstein, 2000). 
  • Mandi dengan air hangat sebelum tidur.
Berendam dengan air hangat (kurang lebih 37,5ÂșC) dapat merilekskan tubuh anda karna aktifitas tersebut akan mengirim dara dari otak kepermungkaan kulit sehinga akan mengakibat individu merasa rileks dan mengantuk, suhu tubuh yang dinaikan oleh air hangat akan diturunkan secara drastis setelah berada dalam kamar yang cukup sejuk hal ini akan mengundang kantuk, tidur nyenyak atau tidur delta.


0 komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...