Selasa, 13 Desember 2011

Makna dan Kesan dari Tertawa

Tertawa adalah ekspresi rasa gembira, geli, senang. Yang terjadi akibat pengeluaran udara secara ritmis melalui mulut. Nah setiap pengeluaran vokal dari tertawa itu akan memberikan kesan yang berbeda dari pengamatnya.

·   Tertawa dengan vokal o (ho - ho – ho – ho)
Kondisi yang menghasilkan tertawa ho - ho – ho – ho maka pelaku harus memonyongkan mulut. Berdasarkan ilmu pernyataan secara psikologis tertawa dengan vokal o mengandung makna seolah – olah merendahkan atau menghina orang lain. Jadi hati-hati jangan biasakan tertawa dengan vokal o (ho - ho – ho – ho) nanti tanpa disadari dapat membuat orang lain tersinggung
·   Tertawa dengan vokal i (hi – hi - hi – hi)
Huruf i bunyinya tidak akan keluar bebas dari mulut, masih ada dalam mulut. Karna terjadi dibagian atas muka langit-langit jadi suara itu akan terkurung dalam mulut sehingga kesan tertawa dalam diri atau untuk diri sendiri. Jadi tetawa dengan vokal i akan bermakna tertawa untuk diri sendiri seperti tertawa karna punya rahasia yang tak diketahui oleh orang lain.
·   Tertawa dengan vokal e ( he – he – he – he)
Sama halnya dengan huruf i, huruf e bunyinya juga terjadi dalam mulut. Namun karna suara       he – he – he – he yang tidak ditunjukkan pada dunia luar, terdengar kesan yang tidak simpatik, tak menyenangkan, merusak kegembiraan, ada kesan menghina dan merendahkan.


·   Tertawa dengan vokal a (ha – ha – ha – ha)
Vokal a akan terjadi dengan mulut yang terbuka lebar sehingga ada gerakan keluar bebas. Tertawa macam ini memberikan kesan terbuka, bebas, berani, dan menjadi satu dengan lingkungan. Tertawan dengan vokal a adalah tertawa yang sehat dan karna kesan terbukanya akan sangat menghargai orang lain.
·   Terakhir adalah tertawa tipe piknis
Orang tipe piknis yang penuh humor akan tertawa dengan seluruh tubuhnya. Orang ini akan tertawa dengan menggerakkan seluruh tubuhnya dalam satu irama. Tertawa bahagia yang berirama seperti gerakan seluruh tubuhnya. (tertawa seperti ini akan menghemat waktu karna sekaligus sebagai pengganti olahraga)




 
 







4 komentar:

  1. Kalo gue sering yang hahaha.. Enak banget kayaknya lepas getho.. :)

    BalasHapus
  2. Selalu berkunjung sobat :)
    Main k blog Ane ya gan

    Tinggalkan komentar sedikit ^^

    Saya lama sdh tdk blogwalking
    Mohon kunjungan balik ^^

    Klik 4information y gan :)

    Komentar di tunggu sobat
    Jangan lupa follow jga :) ( follow back )

    Salam blogger

    BalasHapus
  3. yg jelas sih, Tertawa Itu Sehat sob..
    :D hehe..

    BalasHapus
  4. @feby : iyaaaa emmang gitu yg disaranin (-:
    @4information : Okkeeey
    @Penghuni 60: sehat siiih klu tertawanya lepas, nah klu ketawa tertahaan. bisa berefek sakik peruut juga ... ^_^

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...